Saturday, July 23, 2016

Habis Lulus Terbitlah Mos

Yo kawan!  Ini tulisan pertama di blog gua yang gua tulis pas gua SMA. Gua masuk SMA 1 Berau ya. Jangan panggil gua bocil lagi, kan udah SMA, lelah saya, mau mati saja wkwk. Oke, mungkin tiga tahun lalu gua ngepost tentang pengalaman mos gua ya disini, kali ini gua coba nulis lagi soalnya yang kemaren itu banyak yang respon dan viewersnya membludak juga haha.  Tidak di sertai foto2 kegiatan ya, soalnya dilarang bawa hp. Mau bawa kamera juga ga enak, masa anak baru udah banyak gaya. Mau minta sama kakak2nya yg udah ngefoto juga malu gua wkwk. Yaudah, Yang mau lanjut, silahkan, yang mau buka web lain silahkan, karena ini sama sekali tidak penting hehe.

Sumber: http://osismansaberau.blogspot.com/



Mos  tahun ini diganti ya jadi MPLS. Apa itu ? Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Ya, gua masuk salah satu sekolah negeri di daerah gua, yaa termasuk sekolah favorit juga. Oke, sebelum PLS, itu ada namanya pra PLS yang dilaksanakan sebelum PLS itu sendiri. Biasanya membahas tentang tata tertib PLS itu sendiri dan apa saja yang akan dilakukan pada saat PLS nanti. Rabu, 20 Juli 2016, hari pertama dimana gua bangun pagi pagi selama liburan gua haha. Jadi, hari itu jadwal gua buat pra-PLS ya. Yap, hawanya dingin sekali teman pas nyampe gerbang sekolah. Gua bersyukur banget karena pas nyampe gerbang itu sudah ada temen yang gua kenal jadi ya langsung ngobrol wae wkwk. Kan kalau gak ada, guanya jadi males, harus diem diem cool gitulah, gerak gerakin kaki dipasir, nyender di pagar, pokoknya ya biar kita kelihatan sibuk gitu haahhaha. Kami masuk ke dalam aula dan duduk manis dengan muka muka yang masih polos ga tau apa apa :v . Yap, gurunya yang membuka dan memberikan materi. Dan tibalah saat saat yang menegangkan, “Ya, yang pakai baju pink bulat bulat, berdiri nak!” kata gurunya. Dan semua peserta PLS terdiam, apalagi gua wkwk. “Hari sabtu jadwalnya apa saja ya nak?” . Yap gurunya nanyain lagi apa yang telah dia berikan dan gak boleh ngeliat catatan. Mampus, gua udah pucat sambil nunduk nunduk biar gak ditunjuk. Untung aja Cuma dua orang yang ditanyain…….. nyawa gua selamat.

Habis materi tata tertib PLS ya, giliran OSISnya yang ngambil alih. Perasaan gua nih ga enak, gua malah ngebayangin kek di sinetron-sinetron yang siswanya disiksa wkwk. Ternyata nggak, OSISnya ramah…kayanya. Semuanya udah perkenalan dan langsung tuh buat latihan upacara pembukaan buat besoknya. Yang pertama adalah Pemimpin Upacara. Denger ye, kan ketua osisnya tuh nyeleksi orang2 yang ada di aula, gua udah yakin tuh bakal gak kena tunjuk soalnya kan paling belakang, yoi anak belakang wkwk dan juga pasti anak pramuka atau yang udah berpengalaman jadi pemimpin upacara. Eh gataunya…. “Yak, yang pojok! Barisan tiga dari belakang!” Waduh pojok, gua ngitung barisannya dan, gua kena, ‘Ya Allah jangan bikin saya malu, ini baru hari pertama’ gua udah berdoa2 tuh dalem hati. Gua disuruh nyiapkan tuh. Ya gua teriak aja “SIAAAP GRAAKK” . Malah disuruh make suara perut, karna gua udh tau suara perut itu kek apa ya gua praktekin juga walaupun agak sakit karna ga enak, mungkin klo lu yang suka nyanyi bakal tau tuh suara perut wkwk. Dan disuruh lagi nambah power, gua mah nurut nurut aja, gua tambah lagi lah powernya teriak sekuat tenaga. “Ya, yg ini saja” . Gila wey. Gua disuruh jdi pemimpin. Terakhir jdi pemimpin juga pas sd, dan itu malu maluin wkkwk. Hadehhhhh. Latihannya di aula, soalnya hujan. Coba tebak berapa kali gua harus teriak di aula tersebut haha? #SoalUN. Gua ini pemalu yak apalagi di depan banyak orang yang sama sekali gua ga kenal. Jadi, malemnya, gua berdoa tuh “Ya Allah, Lancarkanlah upacara besok dan Kalau bisa, turunkanlah Hujan! Karena saya cinta hujan Ya Allah, Amin”.


Tiap hari minggu, gua selalu ngecek trending topic ya di twitter dan yang no 1 itu ‘Besok Senin’ hahaha. Entah kenapa hari senin itu ditakuti, tapi emang sih di hari senin itu kerasa banget capeknya wkwk. Jam 7 gua sudah harus ada di sekolah. Gila, dulu aja gua baru bangun tuh (gausah dibayangin mandi gua kek gimana). Iya, di SMA ini gua dituntut harus ngerubah kebiasaan jelek gua. Dalam keadaan ngantuk berat, gua mandi ‘byurrrr’, kebetulan airnya dingin jadi gua menggigil tuh selama mandi -_-. Gua nyampe ke sekolah sekitar jam 6 lewat 40, tapi masih sepi tuh. Mana temen gua kaga ada, yap temen gua dikit banget yang masuk SMA itu. Kami para calon siswa(i) SMA, dikumpulin di lapangan buat upacara pembukaan. Gua gak deg degan awalnya, soalnya yang jadi peserta upacara Cuma peserta mos nya aja. Yap tiba tiba guru yang berdiri di sebelah gua……

“Pak, gimana anak kelas XI dan XII diikutin upacara saja? Baris di sisi kiri dan kanan peserta MOS.” Kata guru cewe, gua lupa namanya, ada ‘ni’ nya pokoknya haha. Trus bapak di sebelahnya nyahut,

“Iya buk, dari pada nganggur gitu di depan kelas..”

Jlebbb, kampret, lapangan jadi rame. Kakak kelas gua pas SMP juga banyak yang masuk situ, tapi yg gua kenal Cuma 1 atau 2 haha dan dia ngetawain gua. Adik kelas ya sabar aja. Pura pura ga ngeliat. Eh tiba tiba kebahagiaan muncul, rintik hujan turun!!!. ‘Makasih ya Allah’. Jadi kalimat yang gua hapalin itu gak perlu di sebutin ntar, karena lidah gua ini kek kelipet klo ngomong wkwk. Habis upacara kami masuk ke Aula buat Materi.

Oh ya, kami itu dibagi menjadi 6 kelompok. Gua dapetnya A1 dan duduknya paling ujung. Kalau aja temen gua masuk A1, mungkin gua bisa ngobrol pas materi. Tapi ini nggak bro, gua dikelilingi SMP lain. SMP lain ini masih satu sekolah, bayangin mereka asik2 ngobrol, ketawa2, lah gua diem nyender di dinding. HFfFFFFFt. Sebelah gua itu namanya.. siapa yak, lupa, ada Anang nya kayanya. Hai Anang! (kalau baca haha). Sebelahnya lagi itu… siapa yak, lupa juga, Arji kalo ga salah (sorry keyboard huruf jet gua ga berfungsi). Hai Arji!. Dan di depan gua itu Lieyanto namanya, hapal banget gua, soalnya dia urutan nomor 1 pas masuk. Jurusannya IPA dengan nilai UN Matematikanya 100. WOOOO. Hai Lie!!.

Ini jadwal materi gua, yg gua tulis di paha wkwk. Begitu artistik.



Yang gua males itu, sorry ya kalau ada anggota panitia yang baca ini, ‘Dilarang jauh jauh dari aula’ pas istirahat. WHAT???? Gua laperrrrrr. Mau makannn. Selama 3 hari mos itu, gua kaga pernah nyentuh makanan kantin kecuali ‘Flow’nya haha iya itu sodaranya ‘Aqua’. Mungkin banyak peserta yang sehati dengan gua, mereka laper, dan juga pasti ibu kantinnya ngomong gini ‘Ini kok anak2 mos gak ada yg kesini ya? Apa makanan kita kurang enak? Apa kantin kita kurang bersih?’ Nah loh, mereka malah jadi minder haha. Uang saku gua aja udah terkumpul 80rb gara2 gak ke kantin 3 hari hahaha.

Masuk SMA sini itu agak ribet ya, belum juga masuk udah ditanyain mau kerja apa, mau program studi apa, dsb. Gua ngisinya kek gimana, punya wali kelas aja belom haha udah di tanyain mau prodi apa nanti. Jadi gua ngisinya kek gimana? Gua buka google, ketik ‘Program Studi di Univ terkenal’, nah muncul tuh beberapa, gua klik paling atas dan makin banyak. Yang paling menarik sih UGM (Universitas Gajah Mada) ya, soalnya bahasa fakultas2nya itu keren keren. Gua tertarik sama ‘Manajemen’. Yakkkk. Keren gak? . Kan enak klo missal ntar ditanya gini,

“Program Studi kamu apa ya?”
“Manajemen.” Hahaha.

Mungkin segini aja kali yak, ya itulah suka duka gua selama Mos/PLS. Gua juga mau ngucapin terima kasih buat temen2 lama gua Haris,Roly,Furqan,Fadel,Yudi,Ichan, dll yang sekarang udah ga satu sekolah, mungkin kita Cuma bisa hina2an di Facebook ya wkwk, thanks buat Reinaldy, Dwi, Fahmi, Rafly yg udah buat gua kek punya temen disana =), thanks buat pemateri yang materinya Cuma sebagian aja gua catet=)), thanks juga buat osis2nya yg ngumpul di belakang  hahaha, terakhir buat Romy yang ngajak ngobrol gua pas udah di hari terakhir, coba aja munculnya di awal2 kan gua gada temen, dan temen2 baru gua! Moga bisa jadi temen yak.

Terima kasih buat elu yang udah mau baca sampe sini, semoga menghibur dan tidak menginspirasi kalian ya ckck. Jangan lupa tinggalkan komentar hehe.

TAMAT.


p.s: kalau misal yg nama2nya tdi gua  sebut  fotonya mau dicantumin ya, bisa chat di facebook gua yak J kaga enak naruh foto orang tanpa ijinnya. Iya nih, blognya Cuma rame sama tulisan kan klo ada gambar yaa lumayan enak dilihat hehehe.

Link facebook: Rizky Zill


25 comments:

  1. Jadi teringat jaman mos dulu, bahkan saya pernah jadi fans osis cantik waktu sma :v

    ReplyDelete
  2. Ahh jadi pengen ngerasain masa masa mos lagi jadinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini pengakuan haha

      ketauan dah tua ckck

      Delete
  3. Mos dulu yang paling gue sebel sih disuruh pusp up hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tahun berapa ya? haha

      tahun ini dilarang yg begituan wkwk kecuali kalau ngelanggar sesuatu haha

      Delete
  4. haha, tapi untungnya sekarang engga ada lagi MOS yang kesannya menyiksa :D sekarang mos disekolahku hanya sebatas teori

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama haha

      tpi gua ngarepnya yg disiksa kwkwk

      Delete
  5. gw adalah orang yang gak setuju dengan budaya mos..gk pasti manfaatnya cuma menjajah doank isisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm tahun ini di rubah mas, jdi isinya materi dan yg pasti bermanfaat :)

      Delete
  6. sekarang enak ya, gak ada pushup" segala..

    ReplyDelete
  7. Hahaha jama mos memang beda (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya haha itu sih tergantung menteri pendidikan sama sekolahnya =)

      Delete
  8. Haha, ada saya 😂
    Oke Riz, sama - sama
    #perwakilantemenyglain

    ReplyDelete
  9. Gaya lu toong ngeblog��Ntar deh aku ceritain di sekolah. Ada kejadian lucu tentang elu, tapi dikelasku��

    ReplyDelete